Melatih Diri 06

Tanya Jawab Seputar Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-19 16:47:10

Pertanyaan :

Usiaku telah lanjut, terhadap Ajaran Buddha sulit untuk memahaminya, saat mendengar ceramah juga mudah tertidur, melatih diri terasa lamban, apakah saya boleh menggunakan keseluruhan waktu sehari untuk membaca sutra dan melafal Amituofo?

Master Chin Kung Menjawab :

Asalkan anda melakukannya dengan serius, melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka kebijaksanaan perlahan akan terbuka. Kerisauan akan berkurang, kebijaksanaan akan berkembang, kerisauan dan kebijaksanaan adalah satu dan bukan terpisah. Saat kebijaksanaan ringan maka kerisauan akan tumbuh, ibarat terang dan gelap adalah satu tubuh.

Maka itu Buddha mengatakan bahwa klesa (kekotoran pikiran) itu adalah KeBodhian (pencerahan), dia adalah satu tubuh dua sisi; asalkan kita bisa melepaskan kerisauan, maka kebijaksanaan akan muncul dengan sendirinya. Bahkan hasilnya tak terbayangkan, tubuh juga akan lebih sehat, telinga dan mata juga akan lebih jelas.

Andaikata anda dapat melepaskan semua urusan, ini adalah pahala yang besar, menikmati hidup tanpa beban adalah pahala terbesar di dunia ini. Saya selalu berkata, saya (Master Chin Kung) adalah insan yang memiliki pahala yang besar. Mengapa demikian? Di dalam pikiranku tidak ada urusan rumit, saya tidak mengurus orang, tidak mengurus masalah, juga tidak mengurus uang, tidak memiliki kerisauan dan kekhawatiran, ini adalah pahala besar yang sesungguhnya.

Orang yang memiliki urusan itu sangat menderita, contohnya raja, presiden harus mengurus banyak permasalahan, tidak usah bahas yang lain, setiap hari saja harus menemui tamu, setiap hari harus bersalaman, ini sudah cukup capek. Hal sedemikian, meskipun mengundangku melakukannya, saya juga takkan sudi.

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]