Melatih Diri 04

Tanya Jawab Seputar Melatih Diri

👁 1 View
2017-09-19 16:47:30

Pertanyaan :

Bagaimana caranya agar tidak mengalami kemunduran batin?

Master Chin Kung Menjawab :

Sejak jaman dulu hingga sekarang, dalam melatih diri jika maju-mundur terus, maka sulit untuk berhasil. Bagaimana caranya agar tidak mengalami kemunduran batin? Jika dikategorikan maka ada dua, yakni : “yang pertama adalah “pada masa kehidupan yang lampau menimbun akar kebajikan, berkah kebajikan, dan jalinan jodoh yang mendalam dan tebal”, orang seperti ini jika mempelajari pintu Dharma pelafalan Amituofo, pasti terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Yang kedua adalah “memahami dengan jelas ajaran sutra, yakin secara mendalam tanpa keraguan”, memahami apa yang disebut keinginan untuk memiliki dan takut kehilangan, juga dapat menjaga agar tidak mengalami kemunduran batin, dalam satu kehidupan ini pasti berhasil.

Jika sebaliknya kita selalu saja mundur, ini menunjukkan bahwa akar kebajikan, berkah kebajikan, jalinan jodoh yang tidak cukup mendalam dan tebal. Namun kita dapat terlahir sebagai manusia dan mendengar Dharma murni, memiliki jodoh mengenal Pintu Dharma Ajaran Sukhavati, dan yang paling sulit ditemukan adalah bisa mengenal Sutra Usia Tanpa Batas yang dihimpun oleh Upasaka Xia Lian-ju, jalinan jodoh ini sungguh luar biasa.

Bagaimana cara untuk menambal akar kebajikan dan berkah kebajikan yang masa lampau yang tidak mencukupi? Membaca sutra dan mendengar ceramah Dharma. Pelajar jaman dulu sering berkata : “Tiga hari tidak membaca buku karya insan suci dan bijak, maka tabiat pun bermunculan”,  ini berarti bahwa jika tiga hari tidak menerima ajaran orang suci dan bijak, maka kerisauan dan tabiat segera bermunculan, mengalami kemunduran batin.

Seorang praktisi jika tiga hari tidak membaca sutra, tidak mendengar ceramah Dharma, maka kekotoran batin dan tabiat pun segera bermunculan, maka itu dapat dilihat bahwa membaca sutra dan mendengar ceramah Dharma itu sangat penting. Tetapi saat kini anggota Sangha yang berceramah sudah semakin sedikit, ini juga merupakan salah satu motivasi mengapa kami berusaha mendidik lebih banyak para penceramah muda, agar mereka dapat melanjutkan karir Buddha, menyebarkan Dharma memberi manfaat kepada para makhluk.

Kini kami menggunakan kemajuan tehnologi untuk menyiarkan ceramah Dharma di internet, semua orang dapat menyaksikannya. Selain itu, setiap kali kami berceramah, akan direkam dalam DVD dan disebarluaskan. Para praktisi sekalian dapat mengulang mendengarnya, setelah banyak mendengarnya maka akan tercerahkan. Setelah tercerahkan maka takkan mundur lagi.

Ini adalah menggunakan cara mendengar ceramah Dharma untuk menambal akar kebajikan dan berkah kebajikan masa kelahiran lampau yang tidak mencukupi, membantu kita agar tidak mengalami kemunduran batin, tekun berusaha maju tanpa gentar; membantu kita melepaskan kemelekatan, melatih diri dengan terfokus dan menyebarkan Dharma juga dengan terfokus. Dengan sikap yang baik melatih diri, adalah dasar untuk memperoleh ketrampilan melatih diri. Dapat mempertahankan landasan ini, tiada henti menekunkan diri, maka ketrampilan melatih diri pasti akan maju terus.

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]