Belajar Meneladani Ajaran Buddha 71

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 10:56:10

Pertanyaan :

Bagaimana kita bisa mengetahui apakah orang itu sudah mencapai pencerahan atau belum?

Master Chin Kung Menjawab :

Pencerahan seseorang tidak perlu mengundang orang lain untuk menjadi pengesah, diri sendiri pasti jelas dan mengerti. Standar pengukurannya adalah telah melenyapkan kekotoran batin lobha, dosa dan moha, jika masih ada lobha, dosa dan moha, masih ada perasaan aku benar dan dia salah, beragam perbedaan dan kemelekatan masih ada, maka ini belumlah mencapai pencerahan.

Setelah perasaan aku benar dan dia salah, lobha, dosa dan moha sudah dilenyapkan, maka hatimu akan selamanya suci dan seimbang. Melihat rupa dan mendengar suara, anda akan menyadari bahwa kondisi batin sekarang sudah berbeda dengan yang dulu; terhadap permasalahan anda akan memiliki pengamatan yang sangat mendalam dan jauh, jelas dan paham.

Maka itu disebut memperoleh “samadhi mendalam dan prajna mendalam”, mengerti niat pikiran para makhluk baik masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Saat itu anda akan lebih tercerahkan. Maka itu, fenomena pencerahan adalah mengembalikan kemampuan dan kebijaksanaan yang memang sejak awal sudah dimiliki oleh jiwa sejati kita.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com