Belajar Meneladani Ajaran Buddha 67

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 10:56:50

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membantu anak-anak untuk belajar Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Diantara anak-anak juga ada jelmaan Buddha dan Bodhisattva, orang awam tidak mengenalinya. Di dalam Avatamsaka Sutra tercantum tentang Sudhana yang mengunjungi 53 orang kalyanamitra, diantaranya ada dua orang anak-anak yakni De Sheng dan You De; dan di dalam “Saddharma Pundarika Sutra” ada kisah tentang Putri Naga usia 8 tahun sudah mencapai KeBuddhaan, semua ini adalah jelmaan Buddha dan Bodhisattva.

Melatih diri paling baik dimulai dari usia dini, menanam akar dengan kuat. Saat kini pemerintah Australia telah menetapkan undang-undang, sejak taman kanak-kanak dan sekolah dasar sudah harus ada pelajaran agama, jadi sejak kecil sudah dididik.

Maka itu Sekretaris Departeman Kebudayaan Australia, meminta padaku bahan pembelajaran Ajaran Buddha untuk anak-anak. Tindakan Australia ini, menurutku mereka meneladani Inggris. Tahun lalu, Inggris mulai menerapkan Ajaran Buddha baik dalam sekolah dasar, menengah dan universitas.

Vihara memiliki peraturan tersendiri, jika anak-anak dapat mematuhi peraturan, kami akan bersukacita menyambutnya. Jika sebaliknya anak-anak tidak bisa mematuhi peraturan, mengacaukan vihara, maka tidak boleh ikut. Namun ini juga ada pengecualiannya. Jika anak-anak suka melafal Amituofo tentunya akan membuat orang jadi tergugah. Maka itu, meskipun vihara memiliki peraturan, namun juga ada pengecualian, asalkan dia benar-benar datang untuk melafal Amituofo, maka kita tidak boleh memandangnya sebagai anak-anak biasa. Apabila dia sangat bandel, mengacaukan orang lain, maka  persilahkan dia keluar, ini harus disiplin. Juga harus melihat keadaan pada saat itu, untuk membuat keputusan harus menggunakan kebijaksanaan.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com