Belajar Meneladani Ajaran Buddha 45

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:00:20

Pertanyaan :

Buddha berkata “Segala sesuatu adalah kekosongan(sunyata)”, tetapi dalam kehidupan keseharian selalu berubah-ubah, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

“Segala sesuatu adalah kekosongan”, teori ini sungguh mendalam, bukan kondisi batin seorang praktisi pemula. Andaikata anda bisa memahami “segala sesuatu adalah kekosongan”, maka dalam kehidupan keseharian, segala perubahan takkan ada kaitannya dengan dirimu, maka anda takkan ada masalah lagi. Anda masih memiliki masalah, anda masih menginginkan cara untuk mengatasinya, maka dapat dilihat anda masih belum kosong. Jika anda sudah mencapai kondisi batin “segala sesuatu adalah kekosongan”, maka anda bukan lagi orang awam, tetapi adalah Bodhisattva Dharmakaya, bukan hanya telah melampaui enam alam tumimbal lahir, bahkan juga telah melampaui Dasa Dharmadhatu.

Hari ini kita memahami bahwa segala sesuatu itu adalah kosong, namun dalam kenyataannya kita masih belum sanggup untuk terkosongkan, masih harus bertindak menuruti Ajaran Buddha. Ajaran Buddha ada di mana? Ada di dalam Sutra Usia Tanpa Batas yang prinsipnya adalah “menjaga vaci-kamma, tidak membicarakan kesalahan orang lain; menjaga kaya-kamma, tidak melanggar sila; menjaga mano kamma, suci tak ternodakan”.

Kita boleh menggunakan prinsip ini dalam menjalani kehidupan keseharian, dalam mengatasi permasalahan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup, barulah terjalin dengan Buddha Dharma. Anda harus membacanya dengan seksama.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com