Belajar Meneladani Ajaran Buddha 29

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:03:00

Pertanyaan :

Jika saya ke rumah teman untuk memperkenalkan VCD ceramah guru kepadanya, kemudian kami menyaksikannya bersama, apakah sebelum pemutaran VCD ceramah perlu memakai jubah dan bernamaskara?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini bukan di vihara, tidak perlu melakukan formalitas sedemikian. Apalagi di hadapan praktisi pemula, jika mereka melihat banyak sekali peraturannya, orang akan jadi terkejut dan tidak sudi lagi belajar Ajaran Buddha. Kami pernah bertemu dengan para kaum intelek, mereka sungguh tak biasa dengan sikap hormat membungkuk, katanya jika harus kepala menyentuh lantai, maka dia tidak sudi belajar Ajaran Buddha lagi.

Jika kita memberitahu mereka, belajar Ajaran Buddha boleh tidak perlu harus kepala menyentuh lantai, maka dia akan belajar Buddha Dharma. Tujuan kita adalah agar mereka mau datang belajar, bukan meminta kepalanya menyentuh lantai, harus paham akan kebenaran ini.

setiap tindakan kita adalah untuk menuntun para makhluk, memberikan inspirasi kepada mereka, maka itu tak perlu diikat oleh peraturan. Jika menyaksikan VCD ceramah, jika anda lebih memahami materi di dalamnya, anda boleh menjelaskan pada insan lain, ini bagus. Kecuali di dalam pertemuan itu ada orang khusus, sehingga anda berniat menyelamatkannya dan anda tahu bahwa tindakan anda itu akan berdampak positif baginya; kesimpulannya harus bisa melihat situasi dan kondisi.

Di luar negeri banyak taman-taman umum, terutama di lapangan udara, ada beberapa umat luar negeri yang berlutut kemudian bernamaskara padaku, saya memahami mereka sedang berusaha menyelamatkan makhluk lain, membuat penampilan agar dilihat orang banyak. Karena jika umat Tionghoa yang bernamaskara padaku, hal ini dianggap biasa saja, tetapi begitu melihat orang luar negeri yang  melakukan namaskara, semua mata tertuju padaku, jadi ini adalah untuk menyelamatkan para makhluk. Maka itu, saat kapan harus melakukan apa, terlebih dulu harus mengamati waktu dan jalinan jodoh, harus memberi manfaat dan mempengaruhi pada insan lain.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com