Belajar Meneladani Ajaran Buddha 26

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:03:30

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membedakan sahabat melatih diri yang baik atau jahat? Andaikata itu adalah guru itu sesat dan saya mendekatinya, namun saya masih melatih diri dengan benar, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Di dalam pembukaan “Sutra Ananda Bertanya Pada Buddha Tentang Baik Dan Buruk”, mengajarkan kita membedakan baik dan buruk. Jika seperti yang anda katakan mendekati guru sesat dan masih bisa melatih diri dengan benar, ini sudah bukan orang biasa lagi, orang begini kelak pasti akan memperoleh keberhasilan. Semoga memiliki jalinan jodoh sedemikian, sungguh bernilai!

Tetapi masalahnya jika hal ini bisa dilakukan, maka Buddha Sakyamuni buat apa mengajari kita untuk mendekati kalyanamitra? Andaikata mendekati sahabat jahat (papa-mitra) dan masih bisa melatih diri dengan benar, dalam bayangan kami, ini pasti adalah jelmaan Buddha atau Bodhisattva, tidak mungkin adalah orang awam, orang biasa tak mungkin sanggup melakukannya. Seperti kata pepatah, “Bergaul dengan yang baik akan jadi baik, bergaul dengan yang jahat akan jadi jahat”,  pasti akan terpengaruh.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com