Belajar Meneladani Ajaran Buddha 17

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:05:10

Pertanyaan :

Apakah boleh mewakili ayahbunda atau sanak saudara untuk melatih diri? Apakah berkah kebajikan bisa dilimpahkan kepada mereka?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika ingin mewakili ayahbunda atau sanak saudara untuk melatih diri, maka harus meneladani Bodhisattva Ksitigarbha. Di dalam Sutra Ksitigarbha ada kisah puteri Brahmana, anda dapat menggunakan cara Beliau untuk melatih diri, sanak keluarga anda dapat memperoleh berkah kebajikan, sementara jasa kebajikan sendiri juga berkembang.

Tetapi perlu diketahui bahwa jasa kebajikan tidak bisa diwakili. Didalam Surangama Sutra ada membicarakan tentang Yang Ariya Ananda yang sedang dilanda kesulitan, Yang Ariya Ananda dan Buddha Sakyamuni adalah saudara sepupu, namun Buddha Sakyamuni juga tidak mampu mewakilinya, Buddha saja tidak sanggup mewakili, apalagi kita!

Dalam Sutra Ksitigarbha yang mengupas tentang bagaimana Puteri Brahmana melimpahkan jasa melatih dirinya kepada ayahbundanya, ayahbundanya benar-benarmemperoleh manfaat, tetapi harus memahami aturan dari pelimpahan jasa, jika tidak demikian, maka sulit untuk memperoleh hasil.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com