Belajar Meneladani Ajaran Buddha 15

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:05:30

Pertanyaan :

Andaikata tidak ada hati yang membeda-bedakan, apakah juga boleh mendengar ceramah Dharma di vihara lain yang menganut Ajaran Buddha murni?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika tidak memiliki hati perbedaan, maka boleh mendengar ceramah Dharma di vihara lain. Dalam kisah “Sudhana mengunjungi 53 orang kalyanamitra”,  menjelaskan pada kita, guru Sudhana adalah Bodhisattva Manjusri, setelah tamat belajar dari Bodhisattva Manjusri, Sudhana berkelana untuk menambah pengalaman belajarnya, mengunjungi siapa saja dan di mana saja, ini memberi manfaat padanya.

Andaikata sudah menjatuhkan pilihan pada pintu Dharma mana yang akan dipelajari, “pintu Dharma setara, tidak ada yang tinggi maupun rendah”, maka tak perlu mengkagumi pintu Dharma lainnya lagi, tidak perlu mengubah pintu Dharma yang sedang dipelajari, tetapi boleh mendengar pintu Dharma lainnya, terhadap pelatihan diri sendiri ada manfaatnya, membantu diri sendiri untuk tercerahkan, membantu diri sendiri untuk memasuki samadhi.

Tetapi andaikan diri sendiri tidak memiliki ketetapan hati, tidak memiliki kebijaksanaan, maka haruslah “menfokuskan diri pada satu pintu Dharma saja”, menanam akar dengan kuat, barulah boleh mempelajari yang lainnya. Jika tidak demikian maka mendengar pintu Dharma ini sungguh bagus, pintu Dharma itu juga bagus, akhirnya anda jadi bingung untuk menentukan pilihan, maka ini sungguh bahaya. Maka itu, diri sendiri harus teguh untuk tidak pindah ke aliran lainnya, barulah boleh mendengar ajaran pintu Dharma lainnya.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com