Belajar Meneladani Ajaran Buddha 14

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:05:40

Pertanyaan :

Sejak mendengar Buddha Dharma, merasa Dharma itu begitu luas dan mendalam, saya bersedia memperbanyak kesempatan mendengar ceramah, tetapi keluargaku tidak mau memahaminya, takut saya akan kerasukan Mara, terkadang tak terhindarkan dari adu mulut, sehingga berdampak pada kesucian hati. Selain bersabar, maka terlebih dulu saya berusaha melepaskan kemelekatan, kerisauan, kemudian dengan perasaan sukacita mencari kesempatan yang tepat untuk menyelamatkan keluargaku.

Selain cara demikian, apa lagi yang harus kulakukan?

Master Chin Kung Menjawab :

Anda dapat berlaku sedemikian sudah sangat bagus. Sebelum belajar Ajaran Buddha, jika terjadi adu mulut, mungkin anda akan melakukan perdebatan; tetapi setelah belajar Ajaran Buddha, dia berdebat denganku, tapi saya takkan berdebat dengannya, perlahan keluarga anda akan merasa heran. Jika mereka bertanya alasannya, maka anda mempergunakan kesempatan ini untuk menceramahkan Dharma, memberitahukan pada mereka tentang kebenaran.

Dalam kehidupan ini kita datang ke dunia, apa makna dari terlahir sebagai manusia? Yakni harus meningkatkan kemajuan batin kita, ini adalah makna sesungguhnya dari hidup manusia. Kita harus mengarah ke mana untuk meningkatkan kemajuan batin ini?  Yakni harus mengarah ke arah ajaran dan moralitas untuk meningkatkan kemajuan batin, dan takkan mengarah ke lobha, dosa dan moha untuk meningkatkan kemajuan batin.

Juga katakan pada mereka bahwa ketamakkan akan jatuh ke alam setan, kebencian akan jatuh ke alam neraka dan kebodohan akan jatuh ke alam binatang,  meningkatkan lobha, dosa dan moha, kelak kesempatan jatuh ke alam penderitaan akan semakin kuat.

Jika bersedia melepaskan lobha, dosa dan moha, giat melatih sila, samadhi dan prajna, meningkatkan kebajikan dan moralitas, masa depan akan gilang gemilang, meskipun tidak melafal Amituofo dan tidak bertekad lahir ke Alam Sukhavati, pasti terlahir di surga menikmati pahala, maka kelahiran kali ini takkan sia-sia dan bernilai, anda boleh menjelaskan tentang hal ini. Secara terperinci cara ini dapat dibaca di “Empat Ajaran Liao-Fan”, isinya sangat bagus, sangat sesuai untuk masyarakat masa kini.

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com