Belajar Meneladani Ajaran Buddha 12

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:06:00

Pertanyaan :

Umat berkeluarga yang belum menerima Sila Bodhisattva, mendengar pembacaan Sila Bodhisattva, apakah ini ada dosanya?

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak berdosa. Baik anggota Sangha maupun umat berkeluarga atau siapapun juga boleh mendengar pembacaan Sila Bodhisattva. Lima Sila, Sepuluh Sila. Sila Uposatha, insan yang belum menerima Trisarana dan Panca Sila boleh ikut mendengarnya.

Batasan yang ditetapkan di dalam sutra Buddha, hanyalah sila Bhiksu dan sila Bhiksuni, bagi yang belum menjadi anggota Sangha tidak boleh ikut mendengarnya. Mengapa tidak boleh ikut mendengarnya? Di dalam sutra Buddha tidak ada rahasia, karena setelah mendengarnya, ketika anda melihat ada anggota Sangha yang melanggar sila, dalam hati akan timbul kekotoran batin, dan menciptakan akusala vaci kamma (karma buruk yang dilakukan melalui ucapan).

Untuk menghindari agar anda jangan sampai melakukan karma buruk, maka itu Buddha membatasi bagi mereka yang belum memasuki anggota Sangha tidak boleh mendengarnya, alasannya ada di sini.    

Selain itu ada sejenis orang yang walaupun tidak mengamalkan sila,    Trisarana juga boleh turut mendengarnya, yakni insan yang telah membaca keseluruhan isi Tripitaka. Karena setelah membaca keseluruhan isi Tripitaka, anda telah memahaminya, andaikata anda melihat anggota Sangha melanggar sila, anda juga takkan berkomentar, juga takkan menaruhnya di hati.

Buddha menetapkan pembatasan ini sungguh beralasan, demi membantu kita memutuskan kejahatan memupuk kebajikan.

 

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]