Belajar Meneladani Ajaran Buddha 09

Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha

👁 1 View
2017-09-18 11:06:30

Pertanyaan :

Ketika guru (Master Chin Kung) masih berada di Taiwan, dalam bidang belajar Ajaran Buddha, saya merasa sangat mantap. Tetapi sekarang guru tidak berada di Taiwan lagi, dalam pelatihan diri, saya merasa kehilangan seorang guru yang dapat diandalkan. Bagaimana caranya agar saya merasa memiliki tempat berlindung yang aman?

Master Chin Kung Menjawab :

Manusia selalu saja mencari sesuatu yang dapat dijadikan andalan, sesungguhnya Buddha juga melihatnya dengan sangat jelas, maka itu membuat Trisarana untukmu, sehingga anda memiliki tempat berlindung. Maka itu, jangan mengandalkan manusia, harus mengandalkan Buddha, Dharma dan Sangha.

Buddha adalah tercerahkan, setiap hari kita harus memohon pencerahan, setiap hari memecahkan kesesatan membuka pencerahan, ini adalah berlindung pada Buddha. Setiap hari membaca sutra, melatih diri sesuai ajaran, ini adalah berlindung pada Dharma.

Hidup harmonis dengan makhluk lain, suci tak ternodakan, inilah yang disebut dengan berlindung pada Sangha. Sangha memiliki makna kesucian, enam landasan indria suci, tak ternodakan sama sekali.

Enam landasan indria kita ketika mengadakan kontak dengan enam kondisi luar, dalam keadaan yang menyenangkan, jodoh yang baik tidak timbul kemelekatan, di dalam keadaan tidak menyenangkan, jodoh yang buruk, tidak timbul kebencian, inilah yang disebut berlindung pada Sangha.

Jadi anggota Sangha itu bukan menunjuk pada satu orang tertentu, harus dipahami semangatnya, jangan menjunjung penampilannya, penampilan adalah semu, dapat rusak, maka itu tidak bisa diandalkan.

Triratna adalah tempat kita berlindung, maka hatimu akan merasa aman. Tak peduli bagaimana pun kacaunya dunia ini, hatimu takkan goyah, jiwa ragamu senantiasa selamat, takkan terpengaruh oleh kondisi luar, dengan demikian belajar Ajaran Buddha akan ada ketrampilannya.

Kritik dan saran,hubungi : [email protected]