Sariputta | Tidak Tahu Malu & Tidak Takut Berbuat Jahat Sariputta

Tidak Tahu Malu & Tidak Takut Berbuat Jahat

👁 1 View
2023-03-13 16:59:17

Kalau dikatakan manusia sekarang semakin tidak tahu malu dan semakin tidak takut berbuat jahat, apakah setuju?
 
Jawaban saya, "Iya bangetttt....!!!"
 
Kalau ditanya lagi, "Apakah Anda termasuk?"
 
Jawaban saya, "Iyaaaa.... saya termasuk tapi sekarang....."
 
TIDAK TAHU MALU bukan dimaknai sempit secara arti harafiah kata-katanya lho. Untuk mudah memahami mungkin dengan beberapa contoh di bawah ini saja yah.
 
Anda sebenarnya tidak cukup uang untuk beli mobil tetapi Anda berhutang ke bank dan membeli mobil. Akhirnya cicilan macet dan mobil disita.
 
Anda memberi pandangan hidup buat orang lain atas masalahnya, seolah-olah Anda orang yang bijaksana namun masalah Anda sendiri seabrek dan hidup berantakan.
 
Anda seorang pejabat dan "berteriak" kemana-mana bahwa Anda adalah orang yang peduli dengan rakyat, anti-korupsi tetapi akhirnya ketangkap karena korupsi.
 
Anda menyatakan berkeyakinan dan taat ibadah serta menyatakan keyakinan Anda mengajarkan cinta kasih namun Anda meng-kafir-kan orang lain dengan penuh kebencian.
 
Dan masih seabreklah contoh-contohnya, mungkin bisa dengan kita merenungkan kembali pengalaman kita sendiri, tidak perlu lihat dari orang lain.
"Akhh.... jadi malu nih." 
 
Intinya... tidak tahu malu itu dapat dikatakan sebagai TIDAK MENGHARGAI/MENGHORMATI DIRI SENDIRI.
 
Untuk TIDAK TAKUT BERBUAT JAHAT dapat dipahami dengan melihat AKIBAT dari perbuatan kita apakah MERUGIKAN orang lain tidak. Jadi seperti contoh pejabat di atas tadi, selain tidak tahu malu dikatakan juga tidak takut berbuat jahat. Dia tidak menghargai dirinya dan sekaligus TIDAK MENGHARGAI/MENGHORMATI ORANG LAIN.
 
Dan umumnya orang sudah (pura-pura) sulit menyadari kedua hal ini. Menyadari kedua hal ini sangatlah membuat tidak nyaman perasaan, maka lebih baik fokus mencari alasan pembenaran saja. Demikianlah yang sering terjadi.
 
Cobalah pejamkan mata, instropeksi dan renungkan diri sesaat, bagaimana selama ini? Apabila memang selama ini kita tidak tahu malu dan tidak takut berbuat jahat, akuilah dan terimalah. Dan kemudian lanjutkan jawaban...
 
"Iyaaaa.... saya termasuk tapi sekarang saya memutuskan untuk sungguh-sungguh berjuang mengikis atau melenyapkan keduanya."
 
MULAILAH BELAJAR HADIRKAN KESADARAN BAIK SEBELUM MELAKUKAN SUATU PERBUATAN.
 
Semoga kehidupan di dunia ini masih dapat menjadi lebih baik.
 
~ NEO-wise ~
 
 
 
(dikutip dari Pak Adi Susanto / Bu Yanah Sucintani) 

Kritik dan saran,hubungi : cs@sariputta.com